Panduan Cara Budidaya Tanaman Keladi Tikus

 

Panduan Cara Budidaya Tanaman Keladi Tikus – Sebelum lahan ditanami keladi tikus, lakukan terlebih dulu pengolahan tanah dengan dicampurkan dengan pupuk kandang. tanah yang baik untuk ditanami keladi tikus yaitu tanah yang banyak tersinari sinar matahari secara langsung. Setelah tanah diolah, lalu dibentuk bendengan-bendengan dengan jarak disesuaikan dengan luas tanah. Jika tidak mempunyai lahan yang cukup luas, penanaman dapat dilakukan didalam media pot. Sebaiknya tanaman keladi tikus  didampingi tanaman lain seperti cabe hias atau lainnya. Tanah yang sudah dibentuk bendengan-bendengan dengan lebar bendengan adalah 1 sampai 1,5 m disesuaikan dengan luas tanah. Disetiap bendengan dibuatkan lubang dengan kedalaman 7 cm dan jarak setiap bibitnya adalah 5 sampai 7 cm.

Cara Budidaya Tanaman Keladi Tikus

Pembibitan Keladi Tikus

Bibit merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam keberhasilan menanam keladi tikus. Dalam pemilihan bibit dapat digunakan 3 jenis yaitu berupa tunas, bibit dari hasil pemotongan tanaman induk atau bibit yang diambil dari kulit.bibit dari tunas biasanya diambil dari rimpang yang sudah dewasa. Setiap umbi biasanya mempunyai 2 sampai 6 tunas, kemudian bibit dipotong-potong menjadi 6 sampai 10 potong bagian. Kemudian potongan bibit tersebut dimasukan dalam masing-masing lubang tanam. Untuk bibit kulit, diperoleh dari kkulit yang dikelupas. Cara pemilihan bibit seperti ini biasanya dilakukan penyemanyai terlebih dulu, hal ini bertujuan untuk memilih bibit yang layak untuk ditanam dan bibit yang tumbuh sehat itulah yang akan dipilih untuk ditanam. Hasil pemilihan bibit penyemaian itu dapat dilakukan 5 sampai 6 bulan, sejak penanaman kulit.

Cara Penanaman Keladi Tikus

Jika bibit sudah cukup berumur, kemudian bibit dipindahkan ke lahan tanam  yang sudah dibuat bendengan dan dimasukan dalam lubang tanam dengan posisi tunas menghadap atas. Agar kelembapan tanah dapat terjaga, maka harus dilakukan pengairan  satu kali dalam seminggu.

Cara Pemupukan Tanaman Keladi Tikus

Pemupukan yang diberikan pada tanaman ini dapat dilakukan pada saat pengolahan lahan tanam dan dapat dilanjutkan pada saat tanaman berumur sekitar 1 bulan. Jenis tanaman keladi tikus hanya cukup dengan diberikan pupuk kandang dan pupuk kompos, jenis pupuk tersebut juga sudah cukup membuat tanaman ini dapat tumbuh subur dan sehat asalkan dilakukan pemeliharaan yang tepat.

Cara Pemeliharaan Tanaman Keladi Tikus

Di dalam pemeliharaan tanaman keladi tikus sangatlah mudah, kita hanya perlu melakukan proses penyiangan dan penyiraman secara teratur. Proses penyiangan dilakukan pada saat usia tanaman sekitar 1 bulan, proses penyiangan dapat dilakukan minimal 1 bulan sekali yang bertujuan agar pertumbuhan gulma dapat teratasi dapat tidak akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Jenis gulma yang biasa tumbuh disekitar tanaman keladi tikus yaitu rumput liar, penyiangan dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau secara manual. Selain itu, penyiraman tanaman harus diperhatikan dengan baik, penyiraman sebaiknya dilakukan secara teratur 2 sampai 3 kali sehari pada saat masa awal tanam dan penyiraman dapat dikurangi setelah tanaman berumur sekitar 5 bulan. Tetapi jika curah hujan cukup sering dan tinggi, penyiraman dapat dihentikan sementara waktu.

Cara Pengendalian Hama Tanaman Keladi Tikus

Hama yang biasanya menyerang jenia tanaman keladi yaitu jenis hama ulat, ulat tersebut sering menyerang daun dan merusaknya hingga tanaman mati. Untuk membasmi hama ini dapat dilakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida, setelah ulat mati maka harus diambil dan dibakar.

Proses pemanenan pada tanaman keladi tikus biasanya dilakukan setelah tanaman berumur 1o bulan, proses pemanenan pada tanaman ini dapat dilakukan lebih dari sekali dalam sekali tanam. Setelah dilakukan pemanenan, tanaman ini dapat mengeluarkan tunas baru yang dapat dijadikan sebagai tanaman baru nantinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s