Tanaman Obat Tradisional Menjadi Pilihan

Walaupun tanaman obat tradisional dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, ada beberapa orang yang meragukan khasiatnya. Semua itu hanya bisa dibuktikan dengan merasakan sendiri manfaat tanaman obat tradisional.

Tanaman obat tradisionaTanaman obat tradisional memberi sejuta manfaat bagi penggunanya. Terbukti di jaman modern ini masih banyak orang yang menggunakan tanaman obat tradisional sebagai alternatif penyembuhan yang paling sering digunakan untuk menangani berbagai macam masalah kesehatan. Manfaat yang didapatkan dari obat tradisional sangat besar karena obat tradisional mampu bekerja secara tepat dan tidak mempunyai dampak yang merugikan bagi penggunanya. Tanaman obat tradisional juga mampu mengobati berbagai jenis macam panyakit. Banyak orang menggunakan obat tradisional untuk mengobati mulai dari penyakit ringan seperti demam, flu dan batuk, mencret,  hingga penyakit yang sudah menahun seperti darah tinggi, gangguan syaraf, diabetes dan berbagai penyakit lainnya. Berbagai macam jenis tanaman obat tradisional yang tersedia di alam juga memudahkan dalam menentukan pilihan berbagai ramuan untuk menyembuhkan penyakit.

Berbeda dengan obat-obatan yang sudah melalui berbagai proses kimia, pengolahan tanaman obat tradisional masih sangat sederhana. Banyak obat-obat yang beredar dipasaran mengandung berbagai campuran zat kimia dan zat pengawet agar obat mampu bertahan lama. Berbeda dengan tanaman obat tradisional mampu bertahan lama karena proses pengawetan hanya cukup dengan dikeringkan tanpa membutuhkan bahan pengawet sehingga manfaat utama dari tanaman obat tradisional tetap terjaga. Selain itu tanaman obat tradisional juga diolah pada saat kita akan mengkonsumsi obat tersebut sehingga manfaat yang dirasakan langsung berasal dari bahan yang alami dan masih fresh. Tentunya hal ini bertolak belakang dengan obat medis yang dibeli di apotek, kita tidak pernah tahu apakah obat yang kita minum adalah stock baru atau obat yang hampir kadaluarsa.

Tanaman obat tradisional bisa ditanam sendiri atau bisa juga membeli di toko-toko obat. Proses perawatan tanaman obat tradisional pun tidak jauh berbeda dengan proses perawatan pada tanaman biasa. Selain itu, biasanya banyak dijumpai tanaman obat tradisional di toko obat dalam bentuk yang sudah dikeringkan sehingga bisa digunakan kapan saja. Ada dua jenis pemakaian obat tradisional. Pertama, bisa diseduh menggunakan air panas agar sari-sari dari tanaman keluar dan bisa langsung diminum untuk dirasakan khasiatnya. Dan cara yang kedua, pada penyakit-penyakit tertentu tanaman obat cukup ditempel atau dioleskan pada bagian tubuh yang sakit agar bisa bekerja lebih efektif. Kedua cara ini terbukti bisa menyembuhkan penyakit dari dalam maupun dari luar.

Dibalik berbagai khasiat yang dimiliki, masih ada beberapa kalangan yang menilai bahwa tanaman obat tradisional tidak bisa dipercaya secara mutlak dalam mengobati suatu penyakit. Banyak keraguan yang menyelimuti perjalanan obat tradisional. Takaran, zat-zat yang terkandung, uji klinis, menjadi beberapa aspek yang menjadi perdebatan. Namun tidak ada salahnya untuk mecoba dan merasakan sendiri khasiat tanaman obat tradisional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s