Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Palawija

Marilah kita Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Palawija, palawija atau tanaman kedua setelah padi, biasa di tanam oleh warga ketika air sudah tidak mencukupi untuk menanam padi, selain membutuhkan waktu yang lama padi membutuhkan banyak air, sementara palawija tidak, tanaman palawija dapat tumbuh hanya dengan meyiram nya setiap hari, ataupun tidak samasekali tergantung kelembaban tanah itu sendiri.

Berapa Jenis Tanaman Palawija

 

palawija

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu palawija,??  yuk kita sedikit intip tentang palawija,  Palawija merupakan selingan bercocok tanam setelah padi yang bertujuan menjaga ph tanah. Lalu tanaman apa saja sih yang tergolong tanaman palawija itu,?? tanaman palawija terdiri dari sayur mayur yang biasa hidup di daerah panas.

Rata-rata yang ditanam di palawija adalah:

– mentimun

mentimun

Mentimun banyak di tanam di palawija karena mudah dalam perawatan nya, selain mempunyai daya jual yang bagus, mentimun juga mempunyai banyak keuntungan, seperti kandungan vitamin yang terdapat di dalam nya seperti vitamin A, B, dan vitamin C; serta berbagai mineral, seperti kalium, magnesium.

– oyong

oyong

 

Oyong dapat ditanam dengan mudah dan bisa di tanam di segala tempat, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, syarat  terpenting untuk menanam oyong ini adalah tanahnya harus cukup mengandunng cukup air. Cara penanaman nya mudah, yaitu Tanah yang akan ditanami oyong tidak harus dicangkul, tapi cukup dengan membuat lubang yang lebarnya kira-kira 25 cm dengan kedalaman 20 cm. jarak antar lubang kira-kira 50-60 cm. Nah sebelum biji oyong di tanam, berilah dahulu pupuk, pupuk yang di berikan bisa pupuk kandang atau pupuk kompos.

–  kacang panjang

kacang panjang

 

Kacang panjang adalah tanaman yang mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi, maka dari itu banyak petani yang menanam tanaman ini, dalam keadaan tanah masih di tanami padi pun biasa nya petani suka memanfaatkan pinggiran sawah dengan menanam kacang panjang ini. dan hasil nya pun bisa mengurangi anggaran resiko dapur, lumayan bukan,,? apalagi kalau di tanam dengan luas, pasti dapat penghasilan yang lebih bukan,,,?

– singkong

singkong

 

Singkong merupakan tanaman yang bandel, tanaman yang satu ini bisa tumbuh di mana saja, dan cara menanam nya pun sangat mudah sekali, tinggal taman saja batang nya, dimana pun pasti tumbuh dengan baik, apalagi kalau di pelihara dengan baik dan benar pasti hasil nya pun akan sangat baik.

– talas

talas

 

 

Hampir semua dari talas ini dapat di komsumsi. Daun, tangkai daun, pelepah, umbi induk dan umbi anakan dapat dimakan. Dan bagian yang tidak dapat dimakan hanyalah akar serabutnya saja. Sedangkan manfaat utama umbi talas adalah sebagai bahan pangan sumber karbohidrat. Talas selain mempunyai daya dual yang lumayan, talas juga dapat diolah menjadi macam-macam masakkan atau dimakan begitu saja sebagai talas rebus, talas kukus atau talas goreng. Jadi banyak petani yang memanfaatkan tanah nya untuk di tanami talas.

Itulah beberapa jenis tanaman palawija, mudah-mudahan sedikit menambah wawasan anda dalam Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Palawija, jangan biarkan tanah kita nganggur gitu aja yah gan,, lumayan asal kita nya ada kemauan pasti akan menghasilkan.

Advertisements

3 thoughts on “Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Palawija

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s