Cara Menanam Dan Budidaya Tanaman Anggrek Yang Benar

Dengan Menggunakan Cara Menanam Dan Budidaya Tanaman Anggrek Yang Benar itu dapat menentukan hasil dan kuakitas tanaman anggrek yang kita tanam, sehingga dapat menghasilkan daya tarik tersendiri bagi si pelihat tanaman tersebut, dan jika tanaman yang kita budidayakan itu tumbuh dengan baik, maka bukan hal yang tidak mungkin kita akan meraut keuntungan yang besar dari tanaman tersebut.

Cara Budidaya Tanaman Anggrek Yang baik dan Benar

 

Budidaya Tanaman Anggrek

 

Hal yang wajib di perhatiakan Sebelum melakukan budidaya

 

 

1. Persyaratan Bibit yang Baik

Persyaratan bibit ini dapat di lihat dari bentuk nya seperti: mempunyai daun yang subur,  batang kuat, bunga lebat dan indah, dan  pertumbuhan nya yang  pesat.

2.Penyebaran Biji

Penyebaran biji ini meliputi beberapa tehnik seperti:

-  wadah atau peralatan

Wadah atau peralatan yang akan di gunakan harus benar-benar bersih dari kotoran atau kuman,

- penyeterilan biji

Penyeterilan biji ini bisa menggunakan beberapa bahan kimia seperti : kaporit dan aquades, adapun cara nya yaitu dengan mencampurkan kaporit dengan air dengan perbandingan 10 gram kaporit dan 110 cc air  bersih, kemudian saring dan masukan kedalam botol beserta biji anggrek nya, lalu godog kurang lebih 10 menit sampai biji anggrek nya berubah warna, setelah itu air godogan nya di buang dan di ganti dengan aquades lalu godog kembali.

Kemudian setelah itu semua di lakukan, tinggal melakukan penyebaran biji, yaitu dengan memindahkan biji yang telah di seterilkan tadi kedalam botol atau wadah yang akan di gunakan untuk pembibitan, dan di perlu di catat dalam tahap pembibitan  harus benar-benar seteril dari berbagai kuman, baik itu tempat atau pun peralatan yang di gunakan untuk pembibitan.

3. Pemindahan bibit

Bibit dapat di pindahkan ke dalam pot yang diameternya 4 sampai 6 cm setelah bibit berusia 9 sampai 12 bulan, dan biasanya akar-akar nya sudah kuat untuk di pindahkan, tapi meskipun begitu, pemindahan atau mencabut bibit nya harus hati-hati jangan sampai mengganggu akar dari tanaman tersebut, karena jika akar nya putus-putus bisa di pastikan tanaman tidak akan tumbuh dengan baik dan sempurna.

Pengolahan media tanam

Pengolahan media tanaman ini bisa menggunakan tanah san sedikit campuran pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, setelah kedua bahan tersebut di campurkan, masukan ke dalm pot yang berukuran 6 sampai 30  cm, yang sebelum nya telah di isi oleh beberapa benda seperti baatu bata yang berukuran sebesar kerikil guna aga media tanam tidak terembar air saat di siram nanti.

Cara menanam tanaman anggrek

Ambil atau pindahkan tanaman yang telah di tanam di dalam pot yang berukuran kecil tadi, dan pindahkan ke dalam pot yang berukuran besar yang telah di beri media tanam tadi.

Perawatan

Perawatan ini meliputi penyulaman, penyiraman, pemupukan dan penyemprotan. Penyulaman adalah pergantian tanaman yang mati, terus penyiraman, penyiraman dilakukan pagi dan sore setiap hari tergantung cuaca, dan untuk pemupukan harap menggunakan pupuk kandang dari berbagai kotoran ternak seperti sapi, kambing dan lain-lain. Dengan menggunakan pupuk kandang ini diharapkan bisa menjaga kelembaban tanah. Selanjut nya penyemprotan, pupuk kandang ini juga bisa di manfaatkan untuk penyemprotan yaitu dengan cara diambil air nya, caranya rendam pupuk kandang di dalam ember kemudian ambil air nya untuk penyemprotan.

Cara Budidaya Tanaman Anggrek Yang baik dan Benar

Itulah Cara Menanam Dan Budidaya Tanaman Anggrek Yang Benar, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s