Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Tomat

Ada beberapa Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Tomat, seperti yang coba saya akan bahas pada kesempatan kali ini, hama pada tanaman biasa nya terjadi pada awal-awal penanaman, saat-saat itu adalah saat yang paling rentan sekali akan tersertang berbagai haman dan penyakit.

 

 Penyakit Dan Hama Tanaman Tomat

 

tomat-tahan-busuk

 

- Penyakit Rebah semai

penyakit yang satu ini biasa menyerang tanaman tomat yang masih muda, cara pengendaliannya yaitu menggunakan fungisida sistemik berbahan aktif propamokarb hidroklorida, simoksanil, kasugamisin, asam fosfit, atau dimetomorf.

- Penyakit layu bakteri

penyakit ini biasanya menyerang daun tomat hingga menjadi lau dan mati, dan cara menanggulangi nya yaitu dengan menggunakan bakterisida dari golongan antibiotik dengan bahan aktif kasugamisin, streptomisin sulfat, asam oksolinik, validamisin, atau oksitetrasiklin.

- Ulat Tanah

Ulat tanah atau sering juga di sebut dengan ulat pemotong, karena ulat ini menyerang tanaman tomat dengan memotong bagian batang nya, dan ulat inin biasa bereaksi pada malam hari dan di siang hari ulat ini bersembunyi di dalam tanah, cara mengatasi hama ini yaitu dengan cara menyemprotkan insektisida. 

- Ulat Grayak

Jika anda menemukan daun tomat yang berlubang dengan bercak-bercak putih dan buah tomat yang belubang secara acak, itu adalah tanda-tanda kalau tanaman tomat anda di serang hama yang satu ini, haman yang satu ini biasa  menyerang pada malam hari, aadapun cara menaggulangi nya yaitu dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos, klorpirifos, metomil, kartophidroklorida, atau dimehipo.

- Ulat Buah

hama yang satu ini menyerang dengan cara melubangi buah tomat, sehingga buah tomat akan membusuk, dan cara menanganinya yaitu dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos, klorpirifos, metomil, kartophidroklorida, atau dimehipo.

- Kutu Daun

Kotoran yang keluar dari kutu ini mempunyai rasa yang manis sehingga mengundang semut, dan akibat nya daun menjadi kuning dan keriting, cara menanggulangi nya yaitu dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif abamektin, tiametoksam, imidakloprid, asetamiprid, klorfenapir, sipermetrin, atau lamdasihalotrin.

- Kutu Kebul

Kutu ini menyerap cairan yang terdapat pada daun muda, warna dari kutu ini adalah putih dan bersayap, bentuknya sangat kecil dan biasa nya kutu ini selalu bergerombol, adapun cara menanggulangi nya yaitu seperti biasa lakukan penyemprotan dengan insektisida berbahan aktif abamektin, tiametoksam, imidakloprid, asetamiprid, klorfenapir, sipermetrin, atau lamdasihalotrin.

- Lalat Buah

Lalat betina dewasa lah penyebab terjadi nya hama yang satu ini, karena lalat betina ini akan menyimpan telur-telunya di dalam buah tomat sehingga setelah menetas, larva-larva nya akan menggerogoti buah tomat, dan pasti nya buah tomat akan membusuk, adapun cara menaggulangi nya yaitu dengan cara penyemprotan menggunakan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos, klorpirifos, metomil, kartophidroklorida, atau dimehipo. Dosis sesuai petunjuk pada kemasan.

 

Itulah sedikit ulasan tentang Jenis Penyakit Dan Hama Tanaman Tomat. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam menangani berbagai jenis hama pada berbagai tanaman.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s